October 20, 2011

Menghilangkan Virus Win32/Ramnit

win32/ramnit
Menghilangkan Virus:Win32 / Ramnit yang telah menginfeksi komputer dan flashdisk membutuhkan tingkat ketelitian yang agak lebih, sebelum masuk ke langkah remove virus tersebut ada baiknya kawan menyimak penjelasan mengenai Virus Ramnit sebagai berikut :

1. Virus ini tergolong mallware yang dapat membuka backdoor dan memasukkan virus lain kedalam sistem operasi, virus ini juga menyerang file berekstension htm/html, exe, dll.

2. Virus ini berkembang melalui  removable disk (Flashdisk) dengan cara meng-copy files .Cpl dan .Exe yang selalu berganti-ganti namanya dan terletak didalam  folder RECYCLE ,  dan 4 buah shorcut (1, 2, 3, 4) yang akan menjalankan file tadi bila di klik, serta juga autorun.inf yang disembunyikan. Bila semua file tsb dihapus maka beberapa saat kemudian akan muncul kembali.

3. Jika virus sudah menginfeksi komputer, virus akan  Membuat file di dalam  folder C:\ProgramFiles\microsoft\watermark.exe. Aplikasi yang sudah terinfeksi juga akan berjalan tidak normal seperti Mozilla Firefox, Adobe acrobat, dsb . Komputer terasa lambat/berat , bila kita lihat perormance pada task manager akan terlihat pemakaian Ram yg sangat tinggi dengan proses yang tidak bertambah.

Untuk menghilangkannya ada berbagai cara yaitu :

1. Download Kaspersky Virus Removal Tool  pada link dibawah ini (link akan membuka tab/windows baru):
    Kaspersky Virus Removal Tools

Jalankan seperti biasa dan mulailah scan , untuk USB (Flashdisk) yang sudah terinfesi sertakan saja dengan mencetangnya pada saat akan memulai scan, bila mengeluarkan pesan untuk menghapusnya, tekan delete dan lakukan perform, biasanya setelah selesai komputer akan merestart sendiri. Ulangi saja langkah ini bila dirasa virus tsb belum hilang.

2. Bisa juga di scan under dos dengan menggunakan cd booting anti virus yang lain seperti nod32, dr. web, avira, avast, avg dan lain sebagainya.

UPDATE 09-06-2016
Selain dua hal tersebut diatas, sobat juga bisa menghilangkan virus Ramnit yang sudah menginfeksi komputer dengan menggunakan software dengan petunjuk pada link berikut: 5 Software untuk membersihkan Virus dan Malware serta Menghilangkan VIrus dan Malware , setelah melakukan dua langkah ini sepertinya Ramnit pada komputer telah dapat dihilangkan.

Untuk menghilangkan sisa virus yang tertinggal pada Flashdisk atau External Hardisk, lakukan full format (unchek tulisan quick format), tetapi biasanya memakan waktu yang agak lama dan jangan lupa backup datanya terlebih dahulu.

Terima kasih telah mampir dan membaca tulisan ini, selamat mencoba, semoga bermanfaat
Sumber foto : google.co.id

No comments:

Post a Comment