October 17, 2013

Cara Membersihkan Virus dan Malware Pada Windows

Cara Membersihkan Virus dan Malware Pada Windows

Membersihkan virus dan valware pada windows dengan sistem operasi yang telah terinfeksi bisa dikatakan gampang-gampang susah, kenapa? karena terkadang hanya dengan menginstall dan menjalankan antivirus lalu melanjutkannya dengan eksekusi fasilitas scan yang tersedia pada software tersebut, virus yang mengganggu bisa lenyap tak berbekas, hehe...

Namun ada kalanya virus tidak mau hilang, setelah reboot komputer, kemudian virus muncul kembali dan begitu seterusnya, sampai akhirnya hal tersebut dikatakan terinfeksi 'virus bandel', padahal sebetulnya hal itu disebabkan virus sudah menyerang sistem operasi windows dan telah berhasil menjelma ke bentuk varian yang paling tinggi dalam jenisnya, bisa juga sipemilik tidak menyadari bahwa komputernya juga sudah terinfeksi berbagai macam jenis malware yang merusak sistem.

Banyak instilah yang terkadang membuat orang bingung, sebetulnya apa yang menyerang komputer mereka, virus, trojan, malware, worm, atau spyware?, 

Gampangnya adalah seperti ini: trojan horse, virus komputer, worm, spyware, adware, dan semacamnya adalah merupakan Malware, jadi kita tidak perlu pusing mengenal mereka satu persatu, walaupun pada saat terjadi infeksi malware biasanya antivirus ataupun anti malware mengeluarkan pesan dengan nama software jahat yang terdeteksi, jadi untuk mudahnya kita istilahkan saja semua itu sebagai Malicious Software (Malware).

Nah bagaimana jika komputer sobat atau salah satu kerabat dan teman dekat terkena virus yang menurut mereka sukar untuk dihilangkan? coba simak beberapa tips berikut, mudah-mudahan saja menjadi solusi yang bisa digunakan dalam berbagai macam serangan virus :
  • Deteksi malware yang aktif untuk kemudian menghapusnya meggunakan malwarebytes.
  • Lakukan scannning menggunakan Combofix untuk memastikan malware lain terdeteksi dan dapat dihilangkan dari komputer sobat, untuk Windows 8.1 ke-atas gunakan Junk Removal Tools (JRT).
  • Nah setelah dua langkah diatas selesai, sobat juga bisa menjalankan Adwcleaner untuk memastikan program yang tidak dinginkan terhapus, khusunya yang berada pada registry dan browser.
  • Untuk berjaga-jaga tidak salahnya juga reset semua browser yang dimiliki, caranya bisa dilihat pada link berikut: http://cb-aneka.blogspot.com/2013/10/reset-browser-google-chrome-ke-default.html
  • Langkah terakhir adalah memasang antivirus, install salah satu software antivirus kesukaan sobat, ingat hanya satu ya, jangan lebih dari satu, nanti malah membuat sistem terasa berat.
Untuk antivirus free, penulis merekomendasikan sepuluh antivirus yang bisa digunakan, penulis sendiri memakai antivirus Comodo, antivirus free tersebut dapat dilihat pada link berikut: 

http://cb-aneka.blogspot.com/2012/01/10-antivirus-software-free-untuk.html

Mungkin sampai disini dulu tulisannya, karena semua link yang diberikan diatas sudah cukup untuk kawan-kawan sekalian mencoba menghilangkan virus yang mengganggu. Hanya pesan penulis jika sudah terinfeksi jenis sality atau virut, lebih baik format ulang sistem operasi windows, atau jika ingin mencoba sobat bisa googling mencari software yang bernama salitykiller dan virutkiller.

UPDATE
Saat ini sejak tahun 2014 ada satu macam malware yang bernama RANSOMWARE, malware ini merusak data yang dimiliki korban dengan cara melakukan enkripsi, jadi komputer yang terinfeksi tidak akan dapat membuka data yang dimiliki (word, excel, pdf, ppt, dll).

Jenis daripada software pengganggu ini antara lain bernama CTB-locker dan CryptoLocker, hasil dari kerusakan yang dibuat sangat sulit untuk diperbaiki atau malah hampir tidak bisa, untuk itu berhati-hatilah supaya tidak kehilangan data karena malware jenis ini, selalu lakukan backup.

Tinggalkan komentar jika menghadapi kendala, Terima kasih.

Artikel Sponsor:

loading...

No comments:

Post a Comment