July 18, 2012

Remove Windows Genuine Advantage (WGA)

wga pop-up
Windows Genuine sebenarnya adalah salah satu update dari Microsoft yang tujuan utamanya adalah untuk validasi keabsahan dari Sistem Operasi Windows, jika terjadi kegagalan maka akan muncul jendela pop-up windows seperti gambar disamping, atau biasanya di pojok kanan bawah akan terlihat jendela pesan yang menyatakan bahwa Windows tidak genuine, pokoknya akan ada tulisan-tulisan pesan semacam itu. Hal ini biasanya bisa terjadi ketika seseorang mengganti serial numbernya atau menjalankan Update Otomatis Windows.

Dengan tujuan untuk berbagi pengetahuan, disini akan di jelaskan bagaimana caranya menghilangkan peringatan mengenai Windows Genuine Advantage (WGA). Langkah-langkahnya:

1. Checklist show hidden file and folder dari menu folder option seperti gambar dibawah:

folder option

2. Buka Task Manager dengan menekan tombol ctrl+alt+del secara bersamaan, kemudian temukan proses yang bernama wgatray.exe dan matikan dengan menekan klik kanan lalu End Process.

3. Masuk ke direktori C:\Windows\System32 dan hapus file wgatray.exe, jika ada folder C:\Windows\System32\dllcache, pastikan anda juga sudah menghapus file tersebut disana.

4. Masuk ke regedit (Start > Run > regedit), dan klik lokasi dibawah:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon\Notify

Jika sudah berhasil masuk ke lokasi diatas, hapus folder WgaLogon dan seluruh isinya.

5. Setelah selesai restart Windows.

Atau jika tidak ingin repot, anda bisa coba menghilangkan hal diatas menggunakan software RemoveWGA.

Setelah berhasil menghilangkan Windows Genuine Advantage dari komputer, sebaiknya matikan fasiltas Automatic Update dari control panel untuk mencegah hal tersebut terjadi kembali, atau bacalah Tips Untuk Installasi Windows. Anda juga bisa membaca tulisan tentang bagaimana cara menghilangkan Windows Genuine Advantage Notifications yang muncul setiap login ke dalam komputer.

Terima kasih telah mampir dan membaca artikel ini, tinggalkan komentar jika tidak keberatan.

1 comment:

  1. Greetings, It was indeed a professional work. I appreciate the work you have done. You got numerous positive points there. Thanks for sharing..

    Lincoln Granite

    ReplyDelete