March 4, 2012

Tip’s Saat Installasi Windows Pertama Kali

Microsoft Windows kita tahu sangat rentan terkena serangan virus, malware bahkan spyware. Jika sudah terinfeksi computer akan terasa sangat lambat sehingga kita sangat terganggu karenanya, belum lagi data-data yang disembunyikan, atau shortcut, file, folder yang dibuat oleh virus semakin membuat perasaan tidak nyaman. Untuk itulah tidak ada salahnya kita persiapkan computer saat install pertama kali untuk menghindari hal-hal tersebut diatas.

Inilah beberapa hal yang saya tahu dan lakukan pada saat installasi sistem operasi windows di komputer untuk pertama kali, kebetulan saya penggemar WinXP Professional, langkah2 :

Install Windows XP Professional seperti biasa, ikuti petunjuknya sampai selesai, oh ya, jangan  lupa sebaiknya sebelum melakukan installasi, partisi dulu hardisk minimal 2 partisi untuk sistem dan data,  kenapa ? supaya data yang kita simpan aman jikalau sewaktu-waktu komputer bermasalah.

Jika OS sudah berjalan, seperti biasa install driver yang diperlukan, setelah itu langsung masukkan antivirus sebelum menginstall software yang lain, lalu teruskan dengan anti malware.

Disini saya selalu mematikan automatic update, karena terkadang bisa sangat menggangu apalagi  kalau windows tidak terlisensi (mungkin anda sering melihat genuine notifications), tapi jika dianggap perlu silahkan dihidupkan, langkahnya :

Masuk ControlPanel  -> AdministrativeTools -> Services ->AutomaticUpdates, lalu disable service automatic update. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

disable automatic update


Matikan Remote Assistance, langkahnya :

Klik Start --> klik kanan MyComputer --> pilih tab Remote --> klik advanced  , unchek  Allow this  computer  to be controlled remotely,  klik oke --> unchek  Allow Remote Assistance invitations to be sent from this computer  (pada tab Remote tadi)  lalu klik OK.

Biasanya antivirus sekarang ini langsung mengunci removable seperti USB atau external hardisk, dan lain-lain agar tidak berjalan secara otomatis, dengan kata lain disini kita matikan fungsi otomatis untuk semua macam removable media. Untuk mematikannya secara manual bisa masuk ke regedit,  lalu masuk kesini :

     HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\
     NoDriveTypeAutoRun , ubah value data menjadi 95 (defaultnya 91).

Lanjutkan Installasi software yang anda perlukan seperti biasa.

Mudah-mudahan dengan cara-cara diatas computer kita bisa aman dari segala macam bentuk serangan virus, malware dan sebagainya.Mungkin jika masih ada yang bisa dilakukan untuk mengamankan sistem operasi kita sejak awal, sharelah disini agar semua dapat mengetahui dan mengakses komputer secara nyaman dan tidak ada gangguan.

Terima kasih dan salam.

No comments:

Post a Comment