August 25, 2013

Mengatasi Masalah Login ke Facebook dan Yahoo!

Facebook merupakan salah satu sosial share paling populer dalam dunia internet sedangan Yahoo! adalah email service gratis yang juga merupakan salah satu yang terbesar. Namun bagaimana jika tiba-tiba kita mendapatkan masalah ketika ingin mengakses halam login dari kedua situs populer diatas, tentunya menjadi sangat menyebalkan bukan?

Berikut penulis ingin berbagi tentang pengalaman ketika mendapati seorang teman yang kebetulan mendapatkan dua kesulita yang telah disebutkan diatas, keitka ingin mengakses halam login Facebook dan Yahoo! ( https://www.facebook.com dan https://login.yahoo.com/config/login_verify2?&.src=ym&.intl=us), sang teman dihadapkan dengan halaman seperti gambar dibawah :

login ssl untrusted
Ya, gambar diatas memang merupakan aksi dari browser ketika mendapatkan koneksi sertifikat ssl yang tidak terpercaya (untrusted connection), setelah itu sang teman tetap menjalankan dengan mengklik tulisan I understand the Risks pada baris paling bawah dari gambar, setelah itu klik Get Certificate dan diakhiri dengan Add Exception pada halaman berikutnya.

Setelah itu, sang teman kembali mandapatkan tampilan yang asing baginya untuk halaman login dari situs Facebook dan Yahoo! Mail seperti gambar dibawah berikut:

login facebook

login yahoo

Yah, tampilan kedua halaman login situs diatas menjadi aneh dan sangat asing, setelah selidik punya selidik ternyata memang seperti itulah jika untrusted serifikat ssl dipaksa dijalankan pada login Facebook dan Yahoo! Mail, penyebabnya adalah tanggal dan waktu pada komputer yang sang teman pakai tidak sesuai dengan tanggal sekarang.

Untuk memperbaiki masalah login diatas, sobat hanya perlu merubah tanggal dan waktu komputer mengikuti keadaan saat ini, caranya dapat dilihat pada gambar dibawah berikut :

adjust time and date windows
klik kanan pada pojok kanan komputer seperti gambar disamping (arahkan pada waktu jam yang ada), kemudian klik Adjust Date/Time) .

Setelah itu sobat akan dihadapkan dengan tampilan menu untuk merubah waktu dan tanggal mungkin seperti kalendar digital, tinggal sesuaikan dengan keadaan saat ini misalnya tanggal 25 bulan Agustus tahun 2013, sesuaikan dan klik OK setelah selesai melakukannya.

Setelah itu silahkan sobat dapat mencoba  mengakses halaman login untuk Facebook dan Yahoo! Mail kembali, tentunya masalah diatas sudah hilang dan kita dapat menggunakan kedua service tersebut seperti biasanya.

Demikianlah, mudah-mudahan dapat bermanfaat, Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment