September 14, 2018

Menghilangkan Error Windows Low Disk Space Notifikasi

low disk notifications
Low Disk Space Notifikasi pada jendela windows muncul karena sistem mendeteksi space atau ruang kosong yang tersedia pada hard disk terlalu kecil dan hampir tidak tersedia, sehingga mengakibatkan program atau aplikasi pada windows tidak berjalan dengan baik atau malah error dan hang.

Biasanya kapasitas yang dideteksi oleh sistem adalah drive c:\ atau drive dimana sistem operasi di-install. Pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan apakah penyebab hal tersebut dan bagaimana cara menghilangkannya.

Penyebab :
1. Kapasitas hard disk yang memang terlalu kecil.
2. Terlalu banyak menyimpan file yang ukurannya besar.
3. Temporary internet file yang berukuran besar
4. Serangan Stuxnet  atau Virus Winsta
5. Kaspersky Antivirus Lab

Langkah yang diambil untuk menghilangkannya:

1. Perbesar kapasitas hard disk, minimal 40Gb untuk drive c:\

2. Hindari menyimpan file dengan ukuran besar di drive c:\

3. Hapus temporary file jika dirasakan ukurannya sudah terlalu besar

4. Untuk serangan virus winsta hapus file yang bernama:
    C:\WINDOWS\system32\winsta.exe
    C:\WINDOWS\system32\drivers\mrxcls.sys
    C:\WINDOWS\system32\drivers\mrxnet.sys

Jika tidak berhasil menemukan file tersebut lakukan show hidden folder dari folder options dan matikan jika masih ada proses winsta yang berjalan dari task manager, atau anda bisa menghilangkannya menggunakan ComboFix, dapat dibaca pada link berikut Cara menghilangkan Virus dan MalWare dengan Combofix.

5. Kaspersky Antivirus, sebelumnya saya akan menceritakan terlebih dahulu tentang pengalaman beberapa hari yang lalu saat komputer kawan saya mengalami low disk space error, dengan empat langkah diatas masalah tersebut tidak selesai dan pesan error masih muncul, akhirnya terpaksa dilakukan langkah untuk cek kapasitas tiap folder melalui menu explore (klik kanan pada menu start) dan mendapatkan ukuran pada C:\Documents and Settings sebesar 78 GB, artinya gangguan berasal dari direktori tersebut dan bukan dari direktori C:\Windows, cek kembali kapasitas dan akhirnya ditemukan penyebabnya adalah direktori Kasperksy Lab yang berada dalam direktori C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Kaspersky Lab. Dengan Uninstall Kaspersky dan menghapus direktori tersebut masalah telah terselesaikan (SOLVED).

Untuk cek kapasitas menggunakan fasiltas explore perhatikan gambar berikut:

explore check

Demikian beberapa hal yang bisa penulis sampaikan, mudah-mudahan dapat berguna.

Tinggalkan komentar jika menghadapi kendala, Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment