November 4, 2013

Mengatasi Masalah Shutdown Windows Yang Terlalu Lama

windows xp - Mengatasi Masalah Shutdown Windows Yang Terlalu Lama
Pernahkan sobat mengalami ketika mematikan komputer atau netbook, desktop hanya menunjukan logo windows dengan tulisan shutting down yang berjalan sekitar 5 sampai 10 menit sebelum komputer benar-benar mati ?

Ya memang sangat menyebalkan, sebulan terakhir ini penulis mengalami hal tersebut, lamaaaaa banget ketika harus mematikan komputer, sampe bosen nunggunya.

Berbagai carapun dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari scan malware, rootkit, virus, sampai dengan uninstall beberapa aplikasi yang dianggap tidak perlu, semuanya tetap tidak merubah apa yang terjadi, "komputer tetap lambat ketika akan di shutdown".

Akhirnya penulis melakukan pencarian lewat search engine andalan, banyak sih cara-cara yang ditemukan tetapi rata-rata tidak memberikan hasil yang di-inginkan, malah banyak software-software malware yang diberikan sebagai rekomendasi.

Berkat ketekunan googling, masalah shutdown windows bisa terpecahkan, berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke register windows, klik Start --> Run --> ketik regedit  atau tekan tombol Windows + R.
2. Arahkan register ke menu: [HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop]

Kemudian cari menu dengan tulisan WaitToKillAppTimeout, double klik ubah value dari 20000 menjadi 1000, atau perhatikan gambar dibawah:

Kill App Timeout Registry

3. Langkah berikut masih dalam register editor, masuk ke menu:
[HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management] , kemudian temukan menu ClearPageFileAtShutdown dan ubah value menjadi 0.

Atau langkah ini juga bisa dilakukan melalui menu Control Panel, caranya:
Masuk ke Control Panel --> Administrative Tools --> Local Security Policy --> Security Options --> kemudian Disable : Shutdown: Clear virtual memory pagefile, perhatikan gambar dibawah:

Clear memory page file windows

Setelah selesai melakukan semua hal diatas, cobalah untuk mematikan komputer, dengan cara diatas masalah yang ada pada diri penulis terselesaikan, komputer shutdown dengan normal.

Ada satu cara lagi yang penulis temukan yaitu dengan melakukan Clean Boot, tapi bagi penulis hal ini mungkin bukan untuk mengatasi masalah shurdown komputer yang lambat, tetapi lebih kepada performance komputer secara keseluruhan, dengan kata lain bisa membuat agak cepat komputer atau notebook yang dirasakan berjalan dengan lambat alias lemot.

Langkah melakukan Clean Boot:

Klik Start --> Run --> Ketik Msconfig atau tekan tombol Windows + R dan ketik Msconfig, kemudian pilih Selective startup dilanjutkan ke tab services, lengkapnya lihat gambar dibawah:

clean boot windows

Pada tab services ceklist Hide All Microsoft Services, akan terlihat sisa dari services yang dijalankan, untuk menaikkan performance windows klik Disable All kemudian klik OK dan reboot komputer, perhatikan dua gambar dibawah:

clean boot windows services

clean boot windows disable services

Setelah komputer reboot, sobat bisa merasakan perbedaanya, namun tidak ada salahnya sebelum reboot komputer untuk melihat pada tab startup karena disana terdapat aplikasi yang akan di panggil pada saat komputer windows booting, sobat harus ceklist pada software yang dipakai seperti antivirus ataupun anti malware.

Dengan Clean Boot ini memang sobat bisa memilah mana aplikasi yang perlu dijalankan saat komputer hidup dan mana yang tidak, tujuannya adalah untuk menaikkan performance windows yang dirasakan lambat.

Demikianlah, tinggalkan komentar jika menghadapi kendala dan Terima kasih.

Artikel Sponsor:

loading...

No comments:

Post a Comment