Oct 20, 2011

Harddisk Tidak Terdeteksi Saat Install Windows XP


harddisk tidak terdeteksi saat install windows
Apa yang akan penulis ceritakan disini merupakan sebuah pengalaman tentang harddisk tidak terdeteksi saat install windows xp yang memang dialami sendiri oleh penulis, ceritanya begini, suatu hari komputer di rumah teman saya tidak bisa menyala secara normal, katanya sih komputernya reboot kembali setelah dinyalakan sampai proses munculnya logo windows.

Karena bingung, kemudian dia menghubungi saya untuk membantu melihat dan memeriksa apakah ada yang bermasalah dengan komputernya.

Dalam pikiranku sih yang mudah-mudah saja dugaannya, mungkin power supply atau memory komputer yang rusak dan bermasalah. Setelah penulis melakukan pengecekan atas keduanya, ternyata tidak terdapat masalah tersebut, lalu penulis mencoba untuk meng-install ulang sistem operasinya, kebetulan yang dipakai adalah Windows XP Prof.

Nah kebetulan karena drivenya ada 2, C dan D jadi data tidak perlu dipindahkan karena memang sudah terpisah, langsung aja booting dengan CD Win XP, tapi apa yg terjadi : "Hard drive tidak terdeteksi" begitu error yang muncul ketika proses installasi ulang, proses tersebutpun gagal, sampai 3 kali saya coba hasilnya tetap gagal dengan masalah yang sama.

Oh ya, karena saat itu penulis juga membawa CD Windows 98, penulis mencoba untuk booting dengan CD tersebut, "ternyata berhasil.." , sampai semua terisntall dan komputer dapat menyala normal dengan sistem operasi Windows 98 yang berjalan didalamnya, tetapi kita semua tahu bahwa fitur Win 98 tidak selengkap Win XP.

Atas dasar kejadian diatas, penulis berpikir mungkin ada virus atau malware yang membuat harddisk tidak terdeteksi saat install windows xp dan ketika kita mencoba booting untuk meng-instal komputer menggunakan CD Windows XP dan maliciuos software tersebut berdiam dalam memory bios komputer.

Untuk membuktikan dugaan diatas, penulis kemudian mencabut memory dan baterai mainboard dan mendiamkannya sekitar 5 - 10 menit, setelah itu pasang kembali semuanya dan mencoba kembali untuk booting memakai Windows XP, ternyata proses installasi berhasil dan komputer teman saya kembali berjalan normal seperti biasa.

Kejadian diatas, penulis tidak mengetahui serangan virus atau malicious software (malware) dari jenis yang mana, yang jelas ada malicious software yang mengakibatkan Windows XP Prof. tidak dapat mendeteksi hard drive pada komputer.

Catatan:
Jika sobat menemukan notebook dengan masalah yang sama, cobalah install dengan sitem operasi lain seperti win 7 ataupun linux, karena untuk membongkar dan mencabut ram serta baterai di notebook tidak semudah komputer biasa.

Demikianlah, mudah-mudahan tulisan dapat bermanfaat, dan jangan ragu untuk meninggalkan komentar jika menghadapi kendala, terima kasih dan Salam.

30 comments:

  1. weh, ane beda lagi masalahnya gan.. klo ane gara2 bikin partisi dengan linux.. jadii gak bisa dibaca winXP ato 7.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gak kebaca pake cd boot windows ya, coba pake live cd linux aja, kalau kebaca format jadi ntfs atau fat, trus install ulang deh windowsnya.
      Tapi kalo linux masih jalan dan cuma partisi windowsnya tidak aktif, benerin lewat recovery console cd windows, ketik FIXMBR, trus FIXBOOT, abis itu reboot komputer, mudah-mudahan windowsnya aktif lagi.

      selamat mencoba

      Delete
    2. gan case ane sama kaya agan ardianta , laptop ane di bikin dual OS , dan ketika ane mau mengembalikannya menjadi 1 OS (XP) , ketika install xp partisi ane tidak terbaca sama sekali & ane coba pakai win 7 sama saja tetap tidak terbaca , akhirnya karena ane udah pusing sekarang pake pure ubuntu ..

      mohon wejangannya gan supaya ane bisa instal windows lagi kudu bagaimana ?

      Delete
    3. Install Windowsnya sampai proses mana sob?

      itu mungkin MBR (Master Boot Record) dipakai sama Linux, coba ikutin langkah diatas dengan menjalankan FIXMBR dan dilanjut dengan FIXBOOT. Ini dilakukan via recovery console, kalau sobat booting dgn cd windows pilihannya ada di awal (tekan R)

      selamat mencoba

      Delete
  2. Mas, komputer saya sebelumnya baik2 aja. Tiba2 waktu saya online kmputer mendadak hank lalu blank warna biru trus restart dan tidak bisa masuk windows.
    Setelah itu terpaksa saya shutdown langsung dan akhirnya bisa masuk windows dgn normal tp terkadang suka hank lg dan bluescreen lalu restart kembali dgn sndirinya. Itu terjadi sudah beberapa kali. Saya pikir krna virus dan stelah di scan, trnyata ada virus di drive C (system). Sya scan dgn software antimalware dgn keadaan safemode pd saat itu.
    Virus sudah saya hapus, namun masalah blm knjung ada prubahan membaik. Lalu saya uninstal antivirus avira ke avast free. Dsini makin parah, komputer saya bisa nyala tp cma samapai masukin password namun pas masuk windows 'desktop' jadi blank hitam. Lalu saya shutdown paksa lagi.
    Dari situ saya brpikir untuk install ulang saja. Setelah saya sdg install ulang, namun sayang Drive nya gak kebaca "not found drive". Alhasil saya tidak bisa instal ulang.

    Pertanyaannya :
    1. Kira2 masalah di komputer saya apa yah? Saya merasa hardware saya tdk knp2?
    2. Apa yg harus saya lakukan agar komputer saya kembali sperti semula?

    Mohon pencerahannya..
    Boleh balas di message FB saya Fathya Ria.
    Sebelumnya, terimakasih banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama maaf ya, agak lama balesnya

      1. coba cek di BIOS pc apakah HD terdeteksi
      2. jika tidak terdeteksi HD rusak, ganti dgn yg baru,
      jika terdeteksi, ikuti dgn cermat tulisan artikel ini
      step by step.
      3. optional dgn HD msh terdeteksi di BIOS, booting dengan
      CD boot dan masuk ke recovery console
      ketikkan pada shell C:\chkdsk [drive] /P /R
      tunggu hingga check disk selesia dan reboot pc

      selamat mencoba

      Delete
  3. bos mu ikutan nanya nich.tadi saya instal ulang komputer hardisnya kalau di boot kebaca tapi setelah di intal ulang masuk ke menu pilihan lokal hardis (C) (D) itu ngaada hinga ahirnya pengistalan gagal Eror.setelah berulang2 gagal saya cari aternatif hardis saya cabut magsudnya mau saya format make komputer lain,tapi setelah saya colokan ke komputer yang lain utuk drivernya kebaca cuman lokal C & D nya nga kebaca,mohon pencerahan bos gimana solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah mengkiuti langkah2 pada tulisan ini, coba ikuti langkah-langkah dibawah ini:
      1. Hardisknya IDE atau SATA?
      2. Kalau HD SATA dan install ulang pake winxp, coba lihat mode hd di bios apakah AHCI (jika ya ubah jadi IDE atau Compatibilty) sebelum melakukan install ulang
      3. Coba install menggunakan linux (live cd juga boleh untuk memastikan kalau HD-nya masih terdeteksi)
      4. Waktu konek sama pc lain, konektornya pakai apa, di slave(pastikan jumper diposisi slave) atau via usb.
      5. googling software recovery harddisk
      6. beli HD baru :-)

      Delete
  4. gan saya mau tanya nih aku kan punya laptop terus saya mau instal ulang pas saya set di bios hardisknya kadang-kadang terdeteksi kandang ga' terus saya instal pas hardisknya ke detek....terus lagi di instal hardisknya ga' ke detek malah suruh masukin driver tapi hasilnya nihil ga' bisa sama skali.....jadi gimana tu gan mohon pencerahannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya harddsik agak masalah sob,
      coba pas bisa di detect, booting pake cd windows tapi jangan lanjut, pas ada pilihan pertama tekan 'R' untuk masuk ke recovery console, setelah muncul C:\
      ketikkan pada shell C:\chkdsk [drive] /P /R
      ini untuk check hardisk setelah selesai reboot pc
      coba lakukan installasi ulang lagi.

      selamat mencoba

      Delete
  5. saya mau tanya, pas saya install ulang enga ada masalah sama sekali, pas udah masuk ke dekstop trus saya buka my computer, ko enga ke baca local disk D nya, sebelum install ulang masih ada local disk D nya, jadi gimana mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah dipartisi?
      coba pastikan di control panel > administrative tool > computer management > storage > disk management

      didalam disk management akan terlihat storage (harddisk) yang terpakai, jika masih ada yang belum dipartisi coba dipartisi kemudian format.

      selamat mencoba.

      Delete
  6. saya juga mengalami ini di laptop acer 4710

    saya sudah install 7 dan ubuntu,, berhasil
    tapi saat install windows xp,, hardisknya tetap ngga detect kayaknya harus bongkar membongkar ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, hanya agak susah untuk reset memory biosnya

      Delete
  7. mas mau nanyak,, kalo HDD kebaca di BIOS tapi gk dikenali
    sampai2 kapasitasnya hanay terbaca 0 GB, ada solusi ngk mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusinya mungkin bisa di liat pada artikel ini sob, coba cermati tulisan disini beserta komentarnya

      Delete
  8. gan mw tanya juga, ini saya punya laptop gara2 saya otak-atik akhirnya windowsnya saya comprase, waktu restart gak bisa lagi masuk windows tulisannya BOOTMGR IS COMPRESSED press CRTL + ALT Del to restart, tetep gak mq. terus saya coba instal winxp gak tanya gak ada partisi c atau d, yg kebaca cuman Flashdish doank, tuh gimana gan, maaf ya soalnya saya gak ngerti soalnya komputer jadi agak ngaur dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang OS yg aktif sebelumnya tdk disebut ya, tapi sobat bisa coba langkah berikut:

      WinXP : masuk recovery console, ketik FIXBOOT, kemudian ikuti FIXMBR, restart komputer.

      WIN-7/Vista: masuk recovery console, ketik:
      c:\>bootrec /fixmbr - enter
      c:\>bootrec /fixboot - enter
      c:\>bootrec /rebuildbcd - enter

      masuk recovery console dilakukan dari pilihan pada saat tampilan startup CD boot pertama kali, sebaiknya sobat baca dengan cermat saat petunjuk muncul.

      selamat mencoba.

      Delete
  9. pc saya terpasang 2 HDD, HDDI os + data sedangkan HDDII hanya OS saja. kalau saya booting pakai HDDI, HDDII terdeteksi, tapi kalau booting pakai HDDII, HDDI tidak terdeteksi. solusinya gimana agar HDDI bisa terdeteksi. atas solusinya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HDDI osnya win7 ya, trus HDDII winxp, kalau boot pake win7 sobat bisa baca partisi winxp, pass booting pake winxp apakah terlihat drive win7?

      jika terlihat mungkin ada masalah di security win7, setting ownership drive yang sobat perlukan dari sisi win7, usul saya share drive yang berisi data saja.

      caranya sobat bisa baca2 disini : httpx://www.winxptutor.com/ownership.htm

      Delete
  10. betul mas, HDDI win7, HDDII winxp. kalau booting pakai win7 winxp terlihat, tapi kalau booting pakai winxp, win7 tidak terlihat

    ReplyDelete
  11. tadinya HDDI dan HDDII OSnya win7 semua dan semua berjalan normal, semua drive bisa terdeteksi, HDDII kemarin saya format dan saya install winxp, tapi setelah install winxp, kalau saya booting pakai winxp, win7 dan dirve datanya tidak terdetek, tapi kalau booting pakai win7, winxp dan semua drive bisa terdetek. saya membuka disk management juga HDDI tidak terlihat.

    ReplyDelete
  12. Mohon bantuannya. Sy memakai netbook. Yang sy bingung tiap sy cabut baterai trus pasang lg n coba nyalakan tiap masuk booting window xp slalu error dan keluar blue screen trus restart sendiri. Begitu seterusnya. Setelah saya perbaiki lg trus saya tes lg cabut baterai kejadian td kembali terulang. Apa krn hardisk uda keok. Ataw ada virus? Tp sy uda pilih safe mode tetap gak bisa masuk window juga. Tolong bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau batere tidak dicabut netbook normal?

      ada kemungkinan HD rusak atau terkena virus, coba sobat booting pake winxp trus dari recovery console jalankan perintah: chkdsk [drive] /P /R

      perintah tersbut untuk memperbaiki harddisk.

      atau sobat bisa cermati komentar pada Fathya Ria diatas.

      Terima kasih.

      Delete
  13. gan,,,ane ada masalah ama HDD ni.
    Hdd ane kalo instal pake win7,lancar lancar aja,,
    tapi pas mau pake win xp,,instalalsi berhenti pas "Setup is Starting Windows" ..tolong pencerahannyna...
    ty b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diliat di BIOS sob, tepatnya lupa ane, pokoknya yang berbau mode harddisk, biasanya XP bermasalah kalo tipenya AHCI, ubah aja jadi compatible MODE atau IDE

      Delete
  14. mas tolong bantu saya dong,,saya mau nanya nieh,saya mempunyai komputer dell buil-up ..nah saat itu saya mengunakan program ccleaner dan membuka tools drive wiper setelah itu saya pilih c ..karena lama proses nya akhirnya saya batalkan ,nah pas saya batalkan kenapa menjadi blue screen ya dan harddisk saya 20 gb ata tidak terbca di BIOS mas terima kasih ,,

    sumber : http://kodecahaya.blogspot.com/2010/11/drive-wiper-fitur-baru-pada-ccleaner-3.html?showComment=1372514717061#c7227983748137517588#ixzz2Xc8yuLwN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takutnya di drive c sobat sudah terhapus isinya karena drive wiper, kalau harddisk masih terdeteksi install ulang aja, tidak ada yg penting kan, karena menurut informasi data yang terhapus oleh fasilitas diatas tidak dapat di recovery.

      salam.

      Delete
  15. [Coba diliat di BIOS sob, tepatnya lupa ane, pokoknya yang berbau mode harddisk, biasanya XP bermasalah kalo tipenya AHCI, ubah aja jadi compatible MODE atau IDE ]

    kak sampe step yg situ udah berhasil ke detek hdd nya,
    tpi berikut nya d.minta nulis password buat nglanjutin setup nya..
    padahal sya gk inget pernah buat password administrator!
    jdi gmana dong, di isiin apa pasword nya??

    mohon pencerahan nya
    :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalo hd udah terdeteksi, tinggal fresh install aja, ini password admin untuk masuk recovery console ya.

      coba baca2 link dibawah kali aja berguna:

      _http://cb-aneka.blogspot.com/2011/12/reset-lupa-password-windows-menggunakan.html

      _http://cb-aneka.blogspot.com/2011/12/reset-password-windows-menggunakan.html

      Delete