December 3, 2017

Cara Mendaftar Google Scholar (Profil)

Pendaftaran google scholar atau google cendikia saat ini menjadi populer bagi para penulis artikel ilmiah seperti dosen ataupun mahasiswa, Mengapa Demikian ? karena dengan mendaftarkan dirinya pada google scholar, beberapa keuntungan akan didapatkan. Apalagi saat ini Menristek Dikti tengah menggalakkan kewajiban para dosen pada universitas di Indonesia khususnya untuk menbuat profil pada situs tersebut.

Baca Juga Mendaftarkan Karya Ilmiah Pada Google Sholar Agar Terindeks.

Apa saja keuntungan menmbuat profil pada google scholar ?
  • Karya tulisan ilmiah seperti jurnal, baik nasional ataupun internasional akan terindeks pada situs google scholar, dengan demikian saat ada kutipan dari penulis lain, akan tercatat dan terakumulasi sebagai perhitungan ranking dunia pada situs webometrics.
  • Keuntungan yang kedua adalah jumlah kutipan (citation) yang dihasilkan setiap dosen akan terakumulasi kembali ke dalam Universitas (Affiliasi) dosen atau penulis yang bersangkutan dan akan mempengaruhi Ranking Universitas di Indonesia pada situs Menristek Dikti yang populer disebuat dengan SINTA (Science and Technology Index is the citations and expertise center in Indonesia).
  • Para penulis akan mengetahui seberapa populer karya ilmiah dan kegunaan tulisan ilmiah mereka untuk orang lain dalam menghasilkan suatu karya ilmiah yang baru.
Mungkin para pembaca dapat menerka keuntunga lain yang belum disebutkan, baiklah kalau begitu kita langsung praktek bagaimana cara mendaftarkan profil ke dalam google scholar, sebelumnya ada 2 hal yang harus dimiliki oleh seorang penulis sebelum mulai mendaftarkan dirinya, yaitu:
  1. akun email pada google atau sering kita sebut akun gmail.
  2. akun email pada institusi (domain atau subdomain universitas) yang bersangkutan, ini diwajibkan agar tulisan yang terindeks akan langsung diakui sebagai tulisan dari Universitas dimana dosen atau penulis mengabdikan dirinya.
Oke langsung saja pertama login kedalam gmail, buka tab baru dan ketik: https://scholar.google.co.id , akan muncul halaman seperti gambar berikut:

Daftar Google Scholar

Seperti terlihat pada gambar diatas klik profil saya, akan keluar seperti gambar berikut:


Lanjutkan sampai Finish, setelah selesai login ke dalam email institusi untuk melakukan verifikasi pendaftaran profil google scholar, dan klik link verifikasi yang dikirimkan di dalam inbox email institusi sobat sekalian, setelah itu pendaftaran gogle scholar telah selesai dilakukan.

Oh ya, jangan lupa mencatat id profil google scholar (url pada profil Google scholar) sobat, karena nantinya akan diperlukan untuk mendaftar dalan SINTA RISTEKDIKTI.

Setelah semua langkah mendaftarkan profil penulis pada google scholar tersebut diatas sudah dilakukan, dan jika sobat penulis sudah mempunyai jurnal atau karya ilmiah lain yang sudah terindeks, hasilnya akan sepertii gambar berikut:

profil google scholar

Selamat mencoba, dan jangan ragu untuk meninggalkan komentar jika ingin bertanya.

Terima kaih.

2 comments:

  1. kalau muncul tulisan seperti ini :
    Artikel: 0
    Penelusuran Anda - Farha Assagaff - tidak cocok dengan grup artikel mana pun.

    masalahnya apa dan solusinya bagaimana?

    ReplyDelete
  2. Maaf baru bisa balas, jika seperti itu artinya belum ada tulisan ilmiah anda yang terindeks oleh google scholar, bisa saja karena beda nama (inisial) atau belum terpublish di internet.

    solusinya jika menurut sobat tulisan sudah ada di public internet, tambahkan manual (klaim) dari menu tambah dalam profile sobat.

    Terima kasih

    ReplyDelete