January 10, 2014

Tampilan Mozilla Firefox Blur dan Rusak, Bagaimana Cara Memperbaikinya

Tampilan Mozilla Firefox Blur dan Rusak

Udah pernah mengalami tampilan mozilla firefox blur dan rusak? Misalnya jika kita scroll mouse ke bawah atau keatas tulisan dan gambar  menjadi berantakan, mencong-mencong, mereng-mereng kali ya namanya hehehe, persis seperti terlihat pada gambar diatas.

Nah itu karena mozilla firefox tidak bisa membaca resolusi monitor. Penyebabnya apa ya? Penulis sih mengalami ini ketika membuang (uninstall) aplikasi bernama Hao123-Client dan Baidu PC Faster dari control panel, software ini sebenarnya adalah search engine dari China yang tergolong adware software dan sangat mengganggu karena dia menjadikan default browser seperi mozilla ke Hao123.com. Langkah terakhir adalah pembersihan dengan adwcleaner sampai dengan komputer reboot.

Dua kali sudah penulis mengalaminya, setelah reboot, tampilan mozilla firefox blur dan rusak. Untuk memperbaikinya penulis sudah mencobanya dengan dua cara yang berhasil, yaitu:

Cara pertama:

Pada Mozilla Firefox klik Tools, Option dan masuk ke Tab Advanced, kemudian pada tab General didalamnya uncek 'use hardware acceleration when available', ini hanya cara sementara tetapi cukup ampuh untuk memperbaiki error seperti mozilla firefox yang blur, jelasnya lihat pada gambar

Tampilan Mozilla Firefox Blur dan Rusak, disabled hardware acceleration


Cara Kedua:

Cara ini di lakukan pada config mozilla firefox, ketik about:config pada address bar mozilla dan klik I'll be careful, I promise! untuk melanjutkan, setelah itu ketik layout.css, kemudian double klik layout.css.devPixelsPerPx untuk merubah value dari -1.0 menjadi 1.0 ( sobat bisa merubahnya antar range 1.0 sampai dengan 1.25 ), lihat gambar untuk jelasnya:

Tampilan Mozilla Firefox Blur dan Rusak, about-config

Untuk melihat hasil dari kedua langkah diatas, setiap selesai melakukan konfigurasi Mozilla Firefox harus di restart (di tutup kemudian dibuka kembali).

Ada satu lagi cara yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan add-ons yang bernama NoSquint, install add-ons dan set global page zoom mejadi 80%, atau setting sesuai dengan keinginan sobat. Tetapi penulis sendiri belum mencoba cara ini.

Demikianlah artikel mengenai Tampilan Mozilla Firefox Blur dan Rusak, hal ini terjadi sebetulnya adalah karena driver display windows (vga) yang tidak tepat atau browser firefox yang tidak bisa mejalanakan akselerasi gambar yang tinggi, yah itulah kesimpulan pribadi menurut penulis, dan tentunya juga karena gangguan malware yang memang bersifat merusak.

Terima kasih, semoga bermafaat.

7 comments:

  1. Nice inpo gan, kunjungan perdana

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. makasih banyak gan akhirnya masalah ku terpecahkan.

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat banget cari muter2 disini dapetnya, makasih gan ....

    ReplyDelete
  5. mantap... makasih,,,, solusi sudah teratasi setelah baca artikel ini.

    ReplyDelete