December 4, 2013

RogueKiller Software Scan Untuk Malware Pada Komputer

RogueKiller Software Scan Untuk Malware Pada Komputer
Malicious Software atau lebih ngetopnya disebut Malware adalah sebuah program jahat yang menganggu dan dapat merusak sistem operasi ataupun data pada komputer.

Virus, spyware, rootkit, trojan, dan semacamnya adalah jenis malicious software yang memang sudah terkenal dan sering kita temui dalam pemakaian komputer sehari-hari, gangguan yang ditimbulkan memang sangat merugikan dari kehilangan data penting sampai dengan password serta kerusakan pada sistem operasi.

Banyak software yang disediakan untuk menahan serangan ataupun memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh malicious software, diantaranya adalah malwarebytes antimalware, combofix, antivirus dan sebagainya dan pada kesempatan ini akan dikenalkan sebuah program anti malware yang bernama RogueKiller.

RogueKiller sendiri merupakan software anti-malware yang ditulis dalam bahasa C++ , ia mampu mendeteksi dan menghapus malware secara umum dan beberapa malware kelas atas seperti rootkit, rogue, warm, trojan dan jenis malware lainnya, program ini merupakan salah satu program yang disukai penulis selain jika ingin melakukan pemeriksaan terhadap komputer yang dicurigai sudah terinfeksi malware dan sejenisnya.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh RogueKiller pada komputer windows:

  • Mencari dan mematikan proses yang dianggap berbahaya
  • Mencari registry buatan malware dan menghapusnya
  • Menghentikan proses file dll malware
  • Menghapus entry autostart pada registry, startup dan schedule
  • Memperbaiki proxy yang dibuat oleh malware ( Fix Proxy)
  • Memperbaiki entry dns oleh malware ( Fix DNS)
  • Memperbaiki entry host oleh malware (Fix Host)

Karena berbentuk GUI cara penggunaannya menjadi lebih mudah, sobat sekalian hanya download dari situs terkait, letakkan pada desktop kemudian jalankan dengan menggunakan double klik pada mouse.

Perhatikan pada gambar diatas, itu adalah keadaan setelah sobat sekalian mennjalankan software dan klik agree pada menu popup yang timbul sebelumnya, untuk melakukan pengecekan klik tombol scan, setelah selesai lanjutkan dengan tombol delete (tanda panah merah).

Untuk tanda panah biru sobat bisa menjalankannya jika dianggap atau dicurigai ada malware yang telah mengubah dns, host dan melakukan konfigurasi proxy pada komputer, sedangkan tombol Fix Shortcut adalah tombol untuk memperbaiki dan menghapus shortcut yang dibuat oleh virus atau malware.

Pada saat dijalankan, program ini akan membuat sebuah folder yang bernama RK_Quarantine, sebuah shorcut My Computer dan 3 buah log file yang berbentuk text, untuk mendownloadnya dari situs terkait, silahkan sobat sekalian klik link dibawah ini:

Download RogueKiller 32 bit Windows
Download RogueKiller 64 bit Windows

Untuk tutorial resmi klik pada link berikut: RogueKiller Tutorial

Demikianlah, tinggalkan komentar jika menghadapi kendala dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment