September 5, 2013

Remove Shockwave Flash 9.0.45.0 Plugins Mozilla Firefox

Shockwave Flash 9.0.45.0

Shockwave Flash 9.0.45.0 adalah plugins dari Flash Player yang terinstall pada Mozilla Firefox browser, namun saat ini plugins dengan versi tersebut tidak dianjurkan untuk dipakai karena mengandung vulnerabilty yang dapat merusak ataupun menginfeksi komputer kita dengan malware, virus dan semacamnya.

Firefox sendiri akan men-disable plugins tersebut dan menganjurkan untuk segera meng-upgradenya ke versi terbaru, nah disini masalah timbul plugins shockwave flash 9.0.45.0 tidak dapat terhapus secara sempurna walaupun kawan telah melakukan upgrade flash player ke versi terbaru.

Hal ini juga dialami penulis, seperti yang terlihata pada gambar diatas, setelah upgrade plugin masih muncul dan tetap mengeluarkan pesan vulnerable, jika kawan merasa terganggu hilangkan plugiin tersebut dengan lamgkah-langkah dibawah ini:

1. Aktifkan plugin.expose_full_path, hal ini supaya kita tahu dimana letak file asli dari plugin shockwave flash berada, dan kita bisa menghapusnya, untuk mengaktifkan plugin.expose_full_path, ketik pada address bar Firefox perintah : about:config , atau bisa dilihat pada gambar dibawah:

about config firefox

2. Double klik pada baris yang diberi warna biru sampai value berubah menjadi "true" (default false), setelah itu akan muncul pada layar gambar dibawah berikut :

about config

3. Tekan enter atau klik pada tombol yang diarahkan oleh tanda panah, setelah itu ketik kembali pada address bar Firefox perintah : about:plugins , maka akan muncul pada layar seperti gambar dibawah:

plugin.expose_full_path

4. Pada langkah ini kawan dapat melihat file plugin yang terarah pada tanda panah, yaitu dalam direktori C:\WINDOWS\System32\NPSWF32.dll.

Untuk menghapus plugins shockwave flash 9.0.45.0 delete file tersebut, setelah itu coba lihat kembali pada plugins Mozilla Firefox, perhatikan dari atas ke bawah apakah plugins sudah menghilang dan jangan lupa untuk mengembalikan posisi plugin.expose_full_path menjadi "false".

Catatan: 
Selain untuk menghapus Shockwave Flash 9.0.45.0, cara ini juga dapat dilakukan untuk menghapus plugin lain yang dianggap mengganggu atau tidak diperlukan, namun sejak Mozilla Firefox versi 24 langkah nomor 1 dan 2 diatas tidak perlu dilakukan, sobat cukup melakukan langkah ke 3 dan 4.

Demikianlah, tinggalkan komentar jika menghadapi kendala, Terima kasih.

4 comments:

  1. thank's gan... artikel dirimu sangat membantu

    ReplyDelete
  2. punya saya ko gak ada plugin.expose_full_path ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi sobat, maaf baru bisa bales, untuk firefox versi baru cukup sampai di about plugins

      terima kasih

      Delete