May 13, 2012

Web Hosting dan Domain Gratisan

webhosting
Bagi anda yang sudah terbiasa membuat website tentu sudah tidak asing lagi dengan web hosting dan domain name service. Biasanya di situs penyedia web hosting juga disediakan fasiltas untuk membuat domain name atau dikenal dengan domain name registration, seperti .com, .net, .info dan sebagainya.

Namun semua itu memang berbayar alias tidak gratis, namun ada beberapa penyedia web hosting yang memang menyediakan fasilitas hosting dengan tidak memungut biaya apapun alias gratis, tetapi sudah tentu dengan fasiltas yang terbatas, disini hanya akah dibahas 2 (dua) webhosting gratis yang ada di luar Indonesia dan 1 (satu) webhosting yang ada di Indonesia, yaitu :

1. 000Webhost, web hosting gratisan ini menyediakan kapasitas 1500MB (1,5GB) dan bandwith 100 GB serta support PHP/Mysql, anda tinggal register atau signup dan langsung dapat menikmati fasilitas tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, tentunya sebelum itu anda harus sudah mempunyai domain name untuk diarahkan di setting control panelnya, atau anda juga bisa memakai fasiltas subdomain yang disediakan.

2. Hos1Free, web hosting yang satu ini malah lebih besar memberikan space atau kapasitas yaitu sebesar 2 GB (2000MB), tetapi dengan bandwith yang lebih kecil hanya 10GB, dan untuk  fasiltas gratisan ini sama seperti diatas, anda hanya tinggal register dan setting untuk mengarahkan domain ke domain anda pada control panel atau bisa juga memakai subdomain yang disediakan.

3. ID Hostinger, web hosting gratisan yang ada di Indonesia dengan kapasitas 2 GB dan bandwith 100 GB. Mereka menjamin pada websitenya bahwa hosting gratisan tersebut akan dibuka selamanya. Seperti umumnya webhosting anda tinggal register dan account langsung aktif, serta terdapat banyak pilihan website atau blog yang menggunakan auto installer seperti WordPress, BuddyPress, dan lain-lain.

Untuk keperluan domain name, anda juga bisa mendapatakannya secara gratis dengan memakai domain CU.CC, jadi nama domain anda terlihat seperti domainmu.cu.cc, untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit anda tinggal register di site Website cu.cc dan ikuti langkah-langkah atau petunjuk yang ada.

Sebetulnya setahu penulis, ada satu situs lagi yang menyediakan layanan dns secara gratis yaitu untuk domain co.cc, namun herannya alamat atau ip address mereka dianggap mallware oleh Malwarebytes software.

Sekedar untuk informasi, jika anda ingin menghosting website anda di penyedia hosting berbayar, silahkan hosting di Hostgator atau Godaddy, karena selain lebih murah keduanya juga mempunyai koneksi dan server yang stabil. Tapi jika traffic internasional tidak terlalu diperlukan, anda sebaiknya hosting di dalam negeri saja, seperti kita ketahui disini juga sudah banyak penyedia webhosting yang stabil dan terpercaya.

Terima kasih untuk mampir dan membaca tulisan ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar.
sumber foto: google.com

No comments:

Post a Comment