May 10, 2012

Tips Menghilangkan Virus Di Flashdisk Atau Eksternal Harddisk

Dalam keseharian, seringkali kita menyimpan atau mengcopy file dari komputer ke dalam flashdisk atau harddisk eksternal, terkadang untuk backup atau sekedar memindahkan dokumen. Namun ketika hal tersebut dilakukan pada komputer yang sudah terinfeksi virus, maka secara otomatis flashdisk atau harddisk eksternal juga akan ikut terinfeksi, karena kita tahu salah satu hal yang dapat menyebarkan virus adalah pemindahan dokumen melalui removable storage, dalam hal ini adalah dua media tersebut.

Untuk itu akan coba dijelaskan disini bagaimana cara menghilangkan atau sekedar melihat apakah removable storage yang kita punya terinfeksi virus atau tidak. Untuk keperluan tersebut memang bisa dilakukan dengan cara scan removable melalui antivirus, selain itu kita juga bisa melakukannya melalui fasilitas command prompt yang ada di windows dan akan dijelaskan pada tulisan ini.

Langkah pertama, masukkan flashdisk/harddisk ekternal ke komputer atau notebook, dan jangan membukanya menggunakan double klik atau fasiltas windows lainnya.

klik run lalu ketik cmd dan ketikkan perintah (asumsi flashdisk ada di drive E) :

E:\ attrib -a -s -h -r /S /D

setelah selesai, lihat isinya menggunakan perintah dir , seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

attrib - tips menghilangkan virus di flashdisk atau eksternal harddisk


bisa anda lihat file yang diberi tanda panah merah, alice.alc ini adalah file yang berisi perintah merusak dokumen dan sistem operasi atau lebih kita kenal dengan virus, file dengan ekstensi .vbe adalah hasil duplikasi dari dokumen word, dan autorun,inf adalah perintah yang dibaca secara otomatis oleh komputer kita dan didalamnya sudah disisipkan virus.

Anda tinggal menghapusnya dengan perintah E:\ del alice.alc, demikian juga untuk file lain yang telah terinfeksi virus. Jika ada file-file lain yang mencurigakan dan bukan merupakan dokumen, anda juga bisa menghapusnya, biasanya file tersebut berekstensi .exe, .htm, .inf, .ly dan lain-lain.

Atau setelah melaukan perintah attrib diatas, anda juga bisa melihatnya menggunakan perintan explore, ingat pakai klik kanan lalu explore windows, jangan memakai double klik. Akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini :

tips menghilangkan virus di flashdisk atau eksternal harddisk - browse file

Terlihat file berekstensi .vbe yang merupakan duplikasi dari word dokumen, anda tinggal menghapusnya.

Selain cara tersebut diatas, bisa juga digunakan sistem operasi linux untuk membersihkan removable storage, cara ini sangat sederhana, tinggal masukkan flashdisk atau harddisk eksternal, lalu cari file-file dengan ekstensi seperti diatas dan anda tinggal menghapusnya.

Mungkin sampai disini dulu penjelasannya, untuk hal-hal yang belum dimengerti atau memiliki keadaan lain selain yang dijelaskan, kita dapat mendiskusikannya disini.

Terima kasih dan Salam.

6 comments:

  1. makasih.. gomawo.. thanks.. g tau mau bilang paan.. yng pasti makasih banget.. tulisan lo ngebantu banget..

    God Bless you and your family..

    ReplyDelete
  2. flashdisk atau harddisk eksternal memang paling rawan virus mas. trims atas tipnya,sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Admin Djarumnews mengatakan :

    wah .. wah ...
    mengesankan ..
    blog nyabagus, postingan nya juga bagus ..
    salam blog walking dari saya gan ..
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  4. Virus yang ada di flasdik termasuk masalah yang paling ruwet menurut saya. Pernah loh komputer saya rusak program nya gara gara virus di flasdisk. Thanks sudah berbagi info manfaat ini.

    ReplyDelete