May 8, 2012

Memindahkan WordPress Dari Localhost Ke Hosting Server Linux

Memindahkan WordPress Dari Localhost Ke Hosting Server
Wordpress seperti kita ketahui adalah salah satu Content Management System (CMS) yang dalam pemakaiannya tergolong mudah dimengerti. Dengan wordpress seseorang dapat membuat sebuah website atau blog tanpa harus mendalami pengertian bahasa pemrograman secara detail.

Penyedia hosting internet juga banyak menyediakan wordpress sebagain pilihan dalam membangun sebuah website di tempat mereka, sehingga makin memudahkan seseeorang yang ingin membuat sebuah website.

Dalam mendesain sebuah website, kita biasa melakukannya di localhost, dengan kata lain kita biasa membuatnya di komputer atau laptop kita sendiri, yang paling mudah adalah menggunakan xampp, di mana semua fasiltas yang diperlukan untuk membangun sebuah website seperti webserver, mysql dan lainnya telah tersedia. Untuk wordpress masalah akan muncul ketika kita ingi memindahkan apa yang kita buat di localhost ke dalam server hosting, di sini akan coba dijelaskan trik atau cara untuk memindahkan WordPress dari Localhost ke hosting server Linux. 

Langkahnya :
  1. Login ke wp-admin, masuk ke menu setting dan klik general lalu ubah http://localhost/dirmu yang ada di WordPress address (URL) dan Site address (URL) menjadi  http://domainmu-di-hosting (ini langkah optional, langsung ke langkah 2, jika sudah mengerti)
  2. Setelah itu zip dokumen website dan database untuk dipindahkan ke server linux.
  3. Sesuaikan konfigurasi di wp-config.php.
  4. Sampai disini cobalah akses http://domainmu-di-hosting, jika halaman index telah terbuka, login menggunakan http://domainmu-di-hosting/wp-admin, sampai disini website belum benar-benar pindah secara global, karena  masih ada beberapa database atau link yang mengarah ke http://localhost/dirmu.
  5. Untuk itu downloadlah file replacedb.php untuk mencari dan merubah localhost menjadi domainmu download replacedb.php, ekstrak lalu pindahkan file tersebut ke root direktori anda, lalu jalankan

Contoh : akses ke http://domainmu-di-hosting/searchreplacedb21.php, lalu ikuti perintah yang ada, setelah selesai jangan lupa untuk menghapus file tersebut demi keamanan website.

Jika anda tidak ingin menggunakan file ini, bisa juga melakukannya secara manual di database dan source.

Saya kira setelah melakukan hal-hal tersebut website telah siap untuk dipublish, namun ingat sebelumnya pastikan dulu anda telah menambah konfigurasi untuk keamanan website anda yang menggunakan wordpress, untuk itu anda dapat membacanya disini : Membuat WordPress Lebih Secure.

Oh ya, jika sobat ingin memindahkan WordPress dari localhost ke server yang berada pada lingkungan sobat sendiri dan juga ingin melihat gambaran pemakaian searchreplacedb21.php, sobat bisa melihatnya pada link berikut: Memindahkan WordPress Ke Live website

Sobat juga dapat membaca bagaimana memindahkan WordPress dari Localhost ke Live Server lengkap dengan gambar dan menu yang ada pada Hosting Provider di link berikut : http://www.wpbeginner.com/wp-tutorials/how-to-move-wordpress-from-local-server-to-live-site

Bila ada hal-hal yang kurang dimengerti, silahkan tinggalkan komentar, selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment