May 2, 2012

Install dan Reinstall Database Postgresql

Seperti kita ketahui Postgresql merupakan database yang dapat diinstall dan berjalan menggunakan berbagai macam sistem operasi seperti halnya database Mysql. Disini akan coba dijelaskan cara menginstall Postgresql di windows dan linux dalam hal ini menggunakan fedora.

INSTALLASI
Pertama download-lah source atau installer postgresql di official sitenya  : www.postgresql.org

Untuk windows, saudara harus memilih binary file yang disediakan khusus untuk windows, terdapat dua pilihan 32bit dan 64bit, tinggal sesuaikan dengan keperluan anda. Setelah selesai tinggal jalankan installer yang didapat dan ikuti petunjuknya.

Untuk fedora linux, anda bisa memakai source/installer file yang berekstension tar.gz, zip, atau tar.bz2, atau jika ingin memakai source file yang disediakan didalam CD installer fedora juga memungkinkan, bisa juga melalui fasilitas yum (# yum install postgresql ).
jika install dari source (tar.bz2 atau tar.gz atau .zip), ekstrak source, dan masuk ke direktori hasilnya

contoh : # tar xfvz postgresql-versi-x.tar.gz
             # cd postgresql-versi-x
             # useradd postgres -d /path/to/postgres/home -s /bin/bash
             # ./configure
             # gmake && gmake install
             # cd /path/to/postgres/home
             # mkdir /path/to/postgres/home/data
             # chown -R postgres:postgres *
             # su postgres
             $ /path/to/postgres/home/bin/initdb –U postgres –D /path/to/postgres/home/data

Setelah itu anda bisa menjalankan/start postgresql, tetapi sebaiknya sesuaikan dulu konfigurasi kebutuhan anda untuk postgresql yang berada pada file postgresql.conf dan pg_hba.conf


REINSTALL
Terkadang kita merasa bahwa apa yang kita lakukan pada saat installasi postgresql sebelumnya tidak atau belum sempurna, sehingga kita merasa perlu untuk menginstall ulang/reinstall hal tersebut.
Untuk linux, anda bisa menggunakan perintah : rpm -e postgresql-versi-x, untuk menghapus paket yang berbentuk rpm, yang diinstall melalui yum atau cd installer.
Untuk menghapus isnstallan yang berasal dari source, anda tinggal menghapusnya direktorinya saja.


windows postgres user


Mungkin disini yang agak terlihat sulit justru untuk melakukan reinstall postgres yang ada pada windows, karena anda akan dihadapai dengan pertanyaan untuk memasukkan password user postgres yang telah dicreate pada proses install sebelumnya yang secara default passwordnya adalah random. Jika hal ini terjadi, setelah melakukan proses remove melalui menu add/remove program pada control panel, sebaiknya anda juga menghapus user postgres, untuk windows xp professional seperti terlihat pada gambar diatas.

Untuk sistem operasi windows xp home edition anda harus menghapus user postgres melalui command prompt. caranya : klik RUN, ketik cmd dan pada command prompt ketikkan :

net user postgres /DELETE

Setelah menghapus user postgres, anda tinggal menjalankan proses installasi seperti biasa.

Demikianlah tulisan mengenai Install dan Reinstall Database Postgresql, terima kasih telah membaca tulisan ini, jika menemui masalah ketka melakukan installasi postgresql, tinggalkanlah komentar.

Salam.

Artikel Sponsor:

loading...

No comments:

Post a Comment